Kamis, 26 April 2012

Kesan Mahabhakti

oleh : Muhamad Faqih Ash Shofi

(packing untuk Mahabhakti)

Mahabhakti, itulah nama dari kegiatan wajib bagi murid MAN Yogyakarta 1, mahabhakti adalah singkatan dari Perkemahan Bhakti, yang mana didalamnya siswa dan siswi kelas X MAN Yogyakarta 1 dituntut untuk mandiri. Didalam acara ini banyak kegiatan-kegiatan yang mengandung nilai kepramukaan yang akan berguna jika kita di alam bebas.

Kegiatan Mahabhakti dilaksanakan selama 4 hari 3 malam di Klaten (tempat asrama TNI AD). Awalnya dari pihak siswa dan siswi kelas X MAN Yogyakarta 1 tidak merespon dengan baik karena mereka beranggapan bahwa kegiatan ini kurang menarik dan menyenangkan, tetapi setelah mereka melalui kegiatan itu mereka ternyata menikmati kegiatan tersebut.

Seperti halnya saya, waktu pertama kali mendengar

akan diadakan acara mahabhakti perasaan saya justru menganggap bahwa kegiatan itu kurang menarik dan menyenangkan karena saya menilai kegiatan tersebut mengandung nilai kepramukaan, karena entah mengapa dari dulu saya SMP saya sudah mulai kurang menyukai kegiatan kepramukaan, juga dalam mempersiapkan kegiatan mahabhakti siswa dan siswi dituntut untuk selalu mengikuti materi ruang rutin kepramukaan, sebab dalam materi ruang tersebut siswa dan siswi MAN Yogyakarta 1 akan dibekali materi-materi tentang kepramukaan seperti materi tali temali, materi kompas, materi peta pita, dan masih banyak lagi materi yang lain yang akan digunakan siswa-siswiMAN Yogyakarta 1 untuk di terapkan pada kegiatan mahabhakti, itulah mengapa saya menganggap mahabhakti akan kurang menyenangkan dan membosankan.

Sebelum hari pelaksanaan mahabhakti, siswa dan siswi MAN Yogyakarta 1 harus mempersiapkan barang barang yang akan digunakan dikegiatan mahabhakti.

Pada hari pertama, siswa dan siswi MAN Yogyakarta 1 sampai dibumi perkemahan dan mendirikan dan malamnya mereka menjalani sesi pengojlogan dan di akhiri dengan sesi pelantikan.

Pafa hari kedua hingga hari keempat siswa dan siswi MAN Yogyakarta 1 mengikuti lomba-lomba selain lomba kepramukaan ternyata juga ada lomba seperti futsal, FKR, dan banyak lagi.

Setelah saya menjalani kegiatan mahabhakti ternyata saya enjoy dan menikmati kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, saya merasa sangat senang dan rasa capek pun tergantikan oleh kesenangan, hingga kini saya mulai menyukai pramuka. BARA JAYA! haha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar